Ingin Berbisnis? Simak 6 Cara Mendapatkan Modalnya

Anda mungkin sudah menemukan ide bisnis yang sesuai dengan perkiraan pengembangannya yang potensial. Segala ide boleh saja dipersiapkan, namun yang terpenting adalah modal yang hendak digunakan. Bisnis tentu saja dapat berjalan sesuai dengan rencana apabila modalnya sudah berada di depan mata.

Cara Untuk Mendapatkan Modal Untuk Bisnis

Lebih lanjut, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha merakyat.org.

  • Menggunakan Tabungan Pribadi

Cara utama dan paling mudah untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan memanfaatkan tabungan yang sudah Anda kumpulkan sendiri. Anda dapat menyisihkan gaji Anda setiap bulannya untuk difokuskan demi membuka usaha.

Menggunakan tabungan pribadi dalam memulai usaha maka Anda tidak perlu lagi terbelit hutang ketika usaha sudah mulai dijalankan. Namun kelemahannya Anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat mencapai modal yang diinginkan.

Namun yang perlu menjadi catatan adalah jangan sampai Anda menggunakan tabungan pribadi Anda sepenuhnya untuk bisnis. Anda harus tetap menyisihkan sebagian agar Anda tidak merasakan gejolak keuangan ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena tentu saja bisnis Anda yang sudah dibangun secara matang pun terdapat potensi untuk naik dan turun.

  • Menjual Aset Pribadi

Bagi Anda yang memang sudah tidak sabar agar ide segar Anda tidak didahului oleh orang lain. Maka Anda dapat mencoba untuk menjual aset pribadi Anda seperti perhiasan, barang berharga, kendaraan pribadi, dan lain-lain. Anda dapat menggabungkan sebagian uang tabungan dengan hasil dari menjual aset agar modal yang didapatkan lebih besar.

  • Mengajukan Kredit Bank

Cara bijaksana untuk mendapatkan modal lainnya adalah dengan mengajukan kredit kepada bank, Anda dapat mencoba kredit baik agunan ataupun tanpa agunan. Namun biasanya untuk jenis tanpa agunan ini memiliki bunga yang lebih besar daripada menjaminkan aset Anda.

Agar tidak terlalu lama dihantui oleh hutang maka Anda dapat mengambil hutang dengan pembayaran tenor yang sebentar. Namun sebelum memilih jenis kredit bank maka Anda perlu memahami benar mengenai cicilan dan bunga yang hendak ditanggung.

Anda dapat memperkirakan dana yang harus ada setiap bulannya untuk dapat membayar cicilan tersebut per bulannya. Jangan sampai keuntungan Anda justru habis seluruhnya untuk membayar cicilan tersebut.

  • Memanfaatkan Dana Konsumen

Jenis usaha yang bisa mendapatkan modal dari konsumen yakni catering, sablon, jasa titip, dan lain-lain. Biasanya modal dicari dari konsumen yang hendak memesan produk atau jasa Anda, pembayaran dimuka dapat mengurangi biaya modal yang harus dikeluarkan.

Nah uang yang didapatkan dari konsumen tersebut dapat Anda manfaatkan untuk melakukan produksi terhadap pesanan mereka. Keuntungan yang didapatkan dari bisnis tersebut pun nantinya dapat Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda selanjutnya.

  • Mencari Rekanan Bisnis

Jika Anda merasa bahwa mencari modal sendiri cukup berat maka Anda dapat mencari rekanan bisnis sebagai cara untuk mendapatkan modal yang dibutuhkan. Sehingga modal yang Anda dapatkan pun nilanya semakin besar.

Anda dapat mengajak teman yang bisa dipercaya dan mempunyai minat yang sama. Namun sebelum mencari rekanan ini, Anda harus sudah memastikan bahwa business plan yang dibuat sudah matang dengan berbagai strategi dan potensi di dalamnya. Termasuk melakukan perincian terhadap tujuan yang dicapai, metode pembagian keuntungan, dan lain-lain.

Mencari rekanan bisnis pun dapat meningkatkan potensi kemajuan bisnis Anda. Sebab Anda pun memiliki partner yang bisa diajak untuk brainstorming dan berdiskusi mengenai pengembangan bisnis tersebut.

  • Dana Investor

Mencari investor akan sangat membantu untuk dapat mengembangkan bisnis Anda sebab mereka mampu memberikan dana yang terbilang cukup besar. Cara ini dapat dijadikan opsi bagi Anda yang hendak memulai dan belum memiliki pendapatan yang dapat diputar untuk aktivitas bisnis.

Anda dapat mencari berbagai investor yang memiliki ketertarikan dengan bidang yang ditekuni tersebut. Anda pun dapat mengikuti berbagai workshop agar memiliki berbagai akses kepada pengusaha yang memiliki modal untuk mengembangkan bisnis Anda.

Demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan modal usaha. Terdapat berbagai opsi yang bisa Anda pilih sesuai dengan kondisi keuangan Anda sendiri. Apabila memang membutuhkan rekanan ataupun investor, persiapkan baik-baik business plan Anda ya,